Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELAJARAN PENTING YANG BISA KITA AMBIL DARI KISAH YOSUA

TUHAN MEMILIH YOSUA

Yosua adalah salah satu tokoh penting dalam Alkitab. Tuhan memilih Yosua untuk menggantikan Musa sebagai pemimpin bangsa Israel dan memimpin mereka ke tanah perjanjian Kanaan (Bilangan 27:15-23; Ulangan 1:38). Yosua adalah pemimpin yang kuat dan setia yang selalu mempercayai Tuhan dan menaati semua perintah-Nya (Bilangan 32:12).

Yosua berdoa kepada Allah
sumber gambar: https://www.preceptaustin.org/

KEBERANIAN YOSUA

Kisah hidup Yosua memberi kita banyak pelajaran berharga. Pertama, keberanian. Yosua adalah pemimpin yang sangat berani yang tidak takut menghadapi rintangan dan tantangan apapun dalam hidupnya. Meskipun Yosua menghadapi masalah dan rintangan yang sulit, seperti tembok Yerikho yang kuat dan pasukan Kanaan yang besar, Yosua tidak pernah kehilangan imannya dan terus berjuang (Baca Bilangan 14:6-9).

Keberanian Yosua tidak hanya datang dari kemampuannya menghadapi bahaya dan kesulitan, tetapi juga dari imannya kepada Tuhan. Sebelum mengambil keputusan besar Yosua selalu datang meminta petunjuk Tuhan. Kita dapat belajar dari Yosua bahwa memiliki iman yang kuat kepada Tuhan memberi kita keberanian untuk menghadapi semua tantangan hidup.

KETAATAN YOSUA

Kedua, kisah hidup Yosua juga mengajarkan kepada kita pentingnya menaati Tuhan. Yosua selalu mematuhi perintah Tuhan dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan, bahkan jika itu berarti harus menghadapi bahaya dan kesulitan. Dalam hidup ini, kita harus belajar mengikuti kehendak Tuhan dan menaati segala perintah-Nya, meskipun terkadang sulit atau tidak sesuai dengan keinginan kita sendiri.

PERJUANGAN YOSUA

Yang ketiga, melalui kisah hidup Yosua kita belajar tentang pentingnya berjuang untuk mencapai cita-cita atau tujuan hidup. Yosua dan orang Israel memperoleh tanah Kanaan bukan dengan mencuri, tetapi dengan berjuang dan mengikuti kehendak Tuhan. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu berjuang mencapai tujuan kita dengan cara yang benar dan mengikuti prinsip keadilan dan kejujuran.

IMAN YOSUA

Terakhir, kisah hidup Yosua mengajarkan kita pentingnya menjalani hidup dengan penuh iman dan kepercayaan kepada Tuhan. Yosua selalu mempercayai Tuhan dan menaati semua perintahnya sehingga dia dapat mengatasi segala rintangan dan tantangan dalam hidupnya. Kita juga harus menjalani hidup dengan penuh iman dan keyakinan Tuhan agar kita mendapatkan berkat dan keberhasilan dalam hidup (Mazmur 1:1-3).

Kisah hidup Yosua merupakan renungan yang sangat berharga bagi kita. Ia mengajarkan kita bahwa perjuangan membutuhkan keberanian, kepatuhan, serta iman dan kepercayaan kepada Tuhan.

Posting Komentar untuk "PELAJARAN PENTING YANG BISA KITA AMBIL DARI KISAH YOSUA"